Mengapa harus punya blog? Bukankan saai ini adalah zamannya media sosial? Kehidupan kita sepertinya tidak bisa lepas dari media sosial. Lalu bagaimana peran sebuah blog dalam sebuah bisnis?

Apakah masih relevan dan masih memberikan manfaat bagi pemasaran?

Sebuah studi yang dilakukan oleh HubSpot, ternyata website bisnis yang memiliki blog lebih baik dibandingkan tanpa blog.

Berdasarkan studi tersebut, perusahaan yang menggunakan blog memiliki:

  • Pengunjung 55% lebih banyak
  • Inbound Link 97% lebih banyak
  • Halaman terindek 434% lebih banyak

Manfaat Blog Bagi Bisnis Anda

Kita akan bahas manfaat nyata dalam bisnis untuk 3 hal ini. Sebelumnya untuk menyamakan persepsi, kita bahas dulu apa itu blog.

Apa Itu Blog?

Blog adalah sebuah fungsi atau konsep website dimana kita bisa menerbitkan konten secara berurutan. Blog itu adalah berasal dari sebuah singkatan web log. Jadi, “catatan” yang berutuan di sebuah website.

Sementara blogspot, wordpress.com, medium, dan sebagainya disebut dengan platform blog. Kita juga bisa manambahkan blog pada sebuah website, apa pun website tersebut. Misalnya website Hariz Digital ini, yang merupakan website bisnis, memiliki fitur blog.

Apa pun website Anda, apakah itu toko online, company profile, landing page, atau lainnya, bisa dengan mudah ditambahkan fitur blog.

Blog Bisa Meningkatkan Penjualan atau Brand Awareness

Diatas disebutkan bahwa blog bisa meningkatkan traffic sebesar 55%. Artinya blog akan meningkatkan traffic. Traffic adalah orang-orang yang melihat website Anda. Semakin banyak traffic, maka peluang terjadi penjualan lebih besar. Brand Anda akan lebih dikenal.

Bagaimana bisa? Ini berkaitan dengan 2 manfaat lainnya yaitu lebih banyak inbound link dan lebih banyak halaman terindex.

Dengan lebih banyaknya inbound link, maka kepercayaan mesin pencari seperti Google menjadi lebih tinggi. Sehingga, saat konten kita relevan dengan istilah pencarian tertentu, maka mesin pencari akan memprioritaskan website kita. Lebih banyak halaman terindex, maka lebih besar peluangnya website kita muncul di mesin pencari.

Jadi, bisa diambil kesimpulan, blog masih memegang peran besar dalam SEO (optimasi mesin pencari).

Pertanyaanya, bagaimana dengan peran SEO dalam bisnis?

Peran SEO Dalam Bisnis

Meningkatkan Traffic

Peran SEO dalam bisnis adalah mendatangkan traffic. Dari sebuah data, website bisnis mendapatkan traffic secara organik sebesar 53%. Dan traffic dari SEO lebih cendrung terus-menerus (residual). Sehingga traffic dari SEO bisa menghemat biaya iklan untuk mendatangkan traffic. Sayang jika ini dilewatkan dalam rencana pemasaran Anda.

Dalam statistik yang lainnya disebutkan bahwa traffic dari SEO itu 10X lipat atau 1000% dibanding traffic dari media sosial organik.

Konversi Penjualan Tinggi

Traffic dari SEO itu punya konversi yang sangat tinggi (jika kata kuncinya tepat), yaitu berdasarkan data yang sama, sekitar 15%. Ini jauh lebih besar dibanding iklan. Dan hampir setengah dari perusahaan yang menggunakan SEO, mengatakan bahwa SEO memberikan ROI paling besar.

68% Pengalaman Online Dimulai Dari Mesin Pencari

Artinya, 68% orang yang online dimulai dari mesin pencari. Angka yang besar. Sehingga bisa saja dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memperkenalkan produknya melalui mesin pencari.

Leads Yang Lebih Berkualitas

60% pemasar mengatakan bahwa leads (data calon prospek) dari inbound marketing (SEO/Blogging), memiliki kualitas paling baik dibandingkan dengan yang lainnya. Katanya memiliki closing rate sebesar 14,6%.

Jadi, peran blog akan meningkatkan kekuatan SEO dan SEO memberikan keuntungan besar bagi bisnis.

Meski sekarang eranya media sosial, peran SEO masih sangat besar. Data diatas bukan data lama, tetapi data tahun 2021 dan 2022. Jadi masih valid dan bisa menjaga acuan kita dalam mengambil keputusan.

3 Cara Menambahkan Blog Dalam Sebuah Website Bisnis

Jika website Anda belum memiliki blog, maka kini saatnya Anda bisa menambahkan blog dalam website ini. Caranya sangat mudah, sesuai dengan jenis website yang Anda miliki.

Aktifkan atau Atur Fitur Blog

Misalnya, jika Anda menggunakan CMS WordPress, maka Anda tinggal mengatur mana yang merupakan halaman depan dan mana yang merupakan blog. Sebenarnya wordpress itu sendiri bawaanya adalah sebuah blog. Namun bisa dijadikan berbagai website lainnya.

Hariz Digital menggunakan wordpress, sehingga ada website bisnis, landing page, dan blog sekaligus dalam sebuah website. Tinggal melakukan pengaturan saja.

Contoh pengaturan blog di wordpress

Begitu juga dengan CMS atau software website lainnya, banyak yang memiliki fitur atau mengaturan agar websitenya memiliki blog.

Pertanyaanya, bagaimana jika tidak memiliki fitur atau mengaturan blog?

Install Software Tambahan

Sebagai contoh, jika Anda membuat website menggunakan halaman statis, misalnya html. Atau menggunakan script atau software yang memang tidak ada fitur blognya, maka Anda bisa dengan mudah menambahkan software tambahan. Misalnya install saja wordpress di directori blog, sehingga alamat blog Anda menjadi https://www.domainanda.com/blog atau bisa juga install di subdomain, misalnya menjadi https://blog.domainanda.com

Selain wordpress, masih banyak software blog lainnya yang bisa dipilih. WordPress memang paling populer. Website ini pun (Hariz Digital) menggunakan wordpress. Silahkan masuk ke cPanel atau panel lainnya untuk menginstall software tambahan.

Berbagai software blog pilihan yang bisa Anda install di hosting Anda

Membuat Blog di Website Berbeda

Jika kedua hal diatas tidak bisa dilakukan, maka Anda bisa membuat website berbeda khusus untuk kegiatan blogging Anda. Bisa menggunakan platform blog gratisan maupun yang berbayar. Namun untuk menjaga kredibilitas Anda, lebih baik gunakan yang berbayar.

Saya sudah membuat tutorial cara menginstall wordpress dari nol sampai jadi di Video Youtube ini.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam teknis membuat blog, setting, sampai siap dioperasikan, silahkan hubungi kami.

Penutup

Blog Marketing adalah bukanlah teknik marketing terbaik, tetapi masih memiliki peran yang besar dalam upaya pemasaran digital kita. Untuk itu manfaat fasilitas tambahan ini untuk meningkatkan pemasaran digital Anda.

Dan yang terpenting adalah eksekusi pemasaran dengan menggunakan blog sebaik mungkin dengan cara terus update konten yang berkualitas. Konten berdasarkan hasil riset dan konten yang bermanfaat untuk audiens Anda.

Semoga pembahasan mengapa harus punya blog ini bermanfaat bagi Anda.

Similar Posts