Artikel ini akan membahas bagaimana cara memasarkan jasa pelatihan secara online atau menggunakan pemasaran digital. Artikel ini untuk Anda yang berprofesi sebagai trainer atau pelatih, konsultan, pembicara, motivator, atau instruktur.

Bagaimana caranya supaya Anda bisa dihubungi oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa Anda? Hal ini bukanlah terjadi begitu saja. Namun membutuhkan perencanaan yang matang dan eksekusi yang mantap.

Persaingan profesi saat ini semakin kuat. Jika kita tidak menerapkan strategi yang matang, maka kita tidak akan menjadi pilihan utama.

Cara Memasarkan Jasa Pelatihan Secara Online

Langkah Pertama: Siapa Target Pasar Anda

Target pasar akan dipengaruhi oleh spesialisasi yang Anda miliki. Jika spesialisasi Anda hal-hal yang teknis dan spesifik maka perusahaan atau organisasi tertentu saja yang membutuhkan. Misalnya Anda memiliki keahlian dibidang permesinan, maka jelas hanya perusahaan yang menggunakan mesin yang akan membutuhkan jasa Anda.

Berbeda dengan keahlian Anda yang bersifat manajerial atau pengembangan diri. Secara teori semua perusahaan akan membutuhkan. Namun sebenarnya tidak semua perusahaan bisa menjadi target pasar Anda.

Sebagai contoh, misalnya Anda ahli manajemen waktu. Apakah semua perusahaan menjadi target pasar Anda? Tidak, hanya perusahaan yang punya masalah dengan menajemen waktu yang akan membutuhkan jasa Anda. Perusahaan yang sudah cukup efektif dan efisien, mungkin tidak membutuhkan jasa Anda.

Disinilah Anda perlu jeli dalam menentukan target pasar Anda. Kuncinya adalah masalah yang bisa Anda pecahkan. Jadi perusahaan yang punya masalah apa yang bisa Anda bantu?

Juga, Anda bisa menargetkan perusahaan dengan lokasi tertentu. Mungkin akan spesifik membidik perusahaan berdasarkan skalanya. Apakah perusahaan kecil, menengah, atau besar. Dan sebagainya. Perlu spesifik.

Langkah Kedua: Tentukan Alasan Memilih Anda

Langkah kedua ini adalah Anda perlu merancang keunggulan kompetitif Anda. Apa yang menjadi alasan target pasar Anda memilih Anda? Apa kelebihan Anda? Apa keunggulan Anda.

Anda perlu sarana untuk menjelaskan ini. Misalnya dengan adanya website yang menunjukan keahlian Anda, spesialisasi Anda, dan juga pengalaman Anda. Didukung dengan konten yang menunjukan keunggulan kompetitif Anda.

Langkah Ketiga: Tunjukan Keahlian Anda

Langkah berikutnya adalah untuk meyakinkan target pasar Anda bahwa Anda benar-benar ahli dibidang Anda. Kita tidak cukup dengan mengatakan “saya ahlinya”, namun kita harus menunjukkannya.

Anda bisa menunjukan dengan konten baik berupa artikel atau video. Misalnya membuat konten bersifat edukasi sebagai salah satu cara menunjukan bahwa Anda memang ahlinya. Bisa juga konten yang berisi demo, pengalaman, hasil-hasil yang Anda peroleh.

Disinilah Anda akan membutuhkan website yang berisi konten seperti artikel. Juga didukung dengan berbagai media sosial media untuk menunjukan keahlian Anda.

Langkah Keempat: Bangun Personal Brand Yang Kuat

Sudah menjadi kecendrungan manusia dalam memilih adalah lebih memilih yang dikenal dan dipercaya. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan personal brand yang kuat. Nama Anda dikenal dan sebagai siapa serta mampu memberikan value apa.

Membangun personal brand pada dasarnya melekatkan ketiga hal tadi, yaitu nama Anda, siapa Anda, dan value apa. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan digital marketing untuk membangun personal brand, diantaranya:

  • Memiliki website pribadi. Motivator sekelas Anthony Robbins pun memiliki website pribadi. Website berfungsi untuk mengenalkan nama Anda, siapa Anda, dan juga value melalui artikel.
  • Memiliki profil social media dan secara konsisten mengirimkan value melalui konten.

Lakukan secara masif dan berkelanjutan agar semakin banyak orang yang mengetahui nama Anda, siapa Anda, dan value yang bisa Anda berikan.

Hariz Digital siap membantu Anda membangun website pribadi yang profesional untuk membangun personal branding Anda. Dilengkapi dengan berbagai halaman untuk menampilkan portfolio, client, memperkenal diri, blog, halaman penawaran, dan halaman untuk membangun data base prospek.

Langkah Kelima: Bangun Database Calon Prospek

Database calon prospek (leads) itu sangat penting. Dengan adanya database Anda bisa menjalin relasi dengan calon prospek Anda. Misalnya dengan sering mengirimkan konten yang bermanfaat. Ini akan sangat mendukung personal branding dan membangun kedekatan dengan calon prospek Anda.

Cara membangun database atau leads yang cukup ideal dengan menggunakan email marketing. Langkah-langkah membangun database email:

  1. Siapkan lead magnet, bisa berupa ebook atau video yang memberikan value bagi leads Anda.
  2. Siapkan pengelola email, kemudian buat list, setting tulisan email, setting formulir pendaftaran, dan sebagainya.
  3. Siapkan halaman pendaftaran, sering disebut dengan opt-in page.
  4. Pasang formulir dari pengelola email di halaman opt-in.
  5. Promosikan halaman opt-in.

Jika Anda tidak punya waktu atau belum faham bagaimana cara membuat sistem membangun database email, Anda bisa menggunakan jasa dari Hariz Digital. Kami akan setting-kan untuk Anda dari nol hingga siap dipromosikan.

Langkah Keenam: Berikan Value dan Selalu Hadir Melalui Konten Digital

Memberikan konten baik di website, media sosial, dan email adalah cara Anda tetap eksis di hadapan calon prospek Anda. Konten-konten bermanfaat baik berupa artikel, gambar, dan video memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda.

Manfaat membuat konten secara online:

  1. Memperkuat personal branding Anda. Konten adalah cara untuk memberikak value kemudian akan diasosiasikan dengan nama dan siapa Anda. Branding adalah Nama Anda, siapa Anda, dan value Anda.
  2. Mendatangkan traffic atau calon-calon leads. Traffic adalah orang yang menikmati konten Anda, kemudian Anda bisa giring ke halaman opt-in sehingga database email Anda terbangun.
  3. Konten juga sebagai media agar Anda selalu hadir dan eksis sehingga leads Anda selalu mengingat Anda.

Untuk menerapkan hal ini, yang Anda perlukan adalah platform tempat Anda menampilkan konten. Platform itu bisa berupa website yang memiliki fitur blog untuk menampilkan konten berupa tulisan, baik berita, cerita, dan artikel. Bisa juga berupa media sosial, dimana Anda bisa update konten. Juga bisa berupa media penerbitan video seperti youtube.

Jika Anda belum bisa menyiapkan sistem untuk content marketing Anda, Hariz Digital siap membantu Anda.

Langkah Ketujuh: Perkenalkan Program atau Jasa Anda

Tentu saja, Anda perlu menawarkan program atau jasa Anda. Akan sangat efektif menawarkan melalui email kepada orang-orang yang sudah mengenal, akrab, dan percaya kepada Anda. Bisa juga melalui media sosial dan youtube.

Kehadiran website sangat penting. Anda bisa menampilkan program dan jasa Anda di website, dilengkapi dengan data-data pendukung seperti klien Anda, portofolio, testimoni, dan sebagainya.

Kehadiran website memberikan peran yang sangat vital. Mulai dari branding, platform konten (blog), opt-in page, personal profil, dan tentu saja berbagai landing page penawaran program dan jasa.

Similar Posts