Pentingnya Personal Branding di Era Digital

Kalau Anda ingin mendapatkan promosi di kantor dalam persaingan ketat, Anda perlu branding. Kalau Anda ingin lebih dikenal dalam dunia usaha atau profesional, Anda membutuhkan branding. Juga termasuk profesional seperti pembicara, trainer, coach, mentor, pebisnis MLM, sales, agen, dan sebagainya.

Begitu juga dalam kancah politik, branding bukan lagi sebagai kebutuhan, tapi sebagai satu tuntutan yang wajib dipenuhi. Karena pada kecendrungannya, orang lebih memilih yang dikenal. Maka wajib bagi kita agar dikenal oleh masyarakat luas. Bukan hanya dikenal, tetapi dikenal secara positif.

Di era digital, informasi begitu mudah kita dapatkan. Pembuat informasi pun begitu mudah menyebarkannya. Ini sebuah peluang sekaligus tantangan bagi Anda yang ingin membangun personal branding.

Peluangnya, Anda pun bisa membangun personal branding dengan memanfaatkan kemudahan di era digital. Tantangannya, jika Anda mudah, maka orang lain pun mudah. Karena masyarakat mudah mengakses informasi, maka akan banyak pilihan di hadapan masyarakat.

Yang akan membedakan personal branding Anda dengan yang lain adalah pemilihan strategi yang tepat serta eksekusi yang lebih baik agar bisa memenangkan perhatian.

cara membangun personal branding

Cara Membangun Personal Branding Di Era Digital

Apa Itu Personal Branding?

Kotler dan Gary Armstrong (2007) menjelaskan bahwa sebuah brand itu mengkomunikasikan 4 hal. Artinya jika kita mendengar atau membaca sebuah merk, maka secara otomatis akan terhubung dengan 4 hal ini.

Apa saja? Yang pertama atribut, manfaat, nilai, dan kepribadian. Dalam personal branding, maka nama Anda atau julukan Anda harus terkait dengan atribut, manfaat, nilai, dan kepribadian tertentu. Untuk mudahnya, saya menyebut komponen branding.

  • Atribut adalah karakter produk. Dalam personal branding, artinya karakter atau ciri khas diri kita. Bisa juga dikatakan dengan kualitas yang kita bawa. Misalnya, seorang Hermawan Kertajaya memiliki kualitas seorang ahli pemasaran di Indonesia bahkan diakui di dunia.
  • Manfaat. Atribut adalah sebuah ciri, tetapi pelanggan membeli manfaat. Sehingga penting ada sebuah manfaat yang bisa kita berikan dan itu melekat dengan nama kita. Misalnya Ustadz Adi Hidayat yang selalu memberikan manfaat berupa pemahaman yang gamblang terhadap sesuatu masalah.
  • Nilai. Merk juga mencerminkan suatu nilai tertentu. Misalnya untuk mobil Mercedes Benz memosisikan diri sebagai produk dengan nilai kemapanan dan prestise yang tinggi. Nilai yang dibawa oleh oleh personal bisa berupa kejujuran, kesederhanaan, integritas, dan sebagainya.
  • Kepribadian. Contoh Eiger yang cocok dengan orang-orang yang memiliki kepribadian yang menyukai petualangan. Begitu juga dengan personal kita, cocok dengan orang-orang yang memiliki kepribadian apa? Misalnya AA Gym akan cocok dengan jamaah yang menyukai kesantunan dan kelembutan.

Dari pemahaman ini, maka langkah pertama adalah Anda merancang atau menentukan 4 hal ini yang akan dikaitkan dengan diri Anda. Ini disebut dengan strategi, yaitu memposisikan diri Anda dimata target pasar Anda. Ini bisa menjadi kunci keberhasilan branding diri Anda.

Setelah strategi Anda rumuskan, maka selanjutnya adalah bagaimana Anda eksis dan mengkomunikasikan nama Anda yang terkait dengan atribut, manfaat, nilai, dan kepribadian Anda. Nah, di era digital, kita manfaatkan saja teknologi digital untuk menjalankan ini.

Untuk mengkomunikasikan atribut, nilai, manfaat, dan kepribadian Anda serta eksis di dunia digital, Anda akan membutuhkan berbagai tools atau perangkat digital.

Perangkat Membangun Personal Branding di Era Digital

Agar bisa eksis dan menjelaskan siapa Anda, maka Anda akan membutuhkan beberapa perangkat digital. Kabar baiknya perangkat digital itu jauh lebih murah dibanding perangkat fisik. Sebut saja papan reklame di lokasi strategis, berapa biaya yang dibutuhkan? Belum lagi biaya spanduk, iklan di media cetak, selebaran, merchandise, dan sebagainya.

Apa saja perangkat digital untuk membangun personal branding?

Website

Meski saat ini sedang musimnya media sosial, namun kehadiran website masih sangat penting. Website seperti sebuah rumah atau pusat Anda dalam membangun personal branding. Semua usaha komunikasi kita, melalui media sosial, email, youtube dan sebagainya, akan lebih baik jika diarahkan ke website.

Mengapa peran website sangat penting? Berikut beberapa alasannya:

  • Website adalah paltform atau media dimana kita bisa menampilkan informasi secara terorganisir atau terstruktur. Anda bisa menampilkan informasi penting di halaman utama yang disebut index atau beranda. Kemudian kita bisa membuat berbagai halaman yang memuat informasi lebih detil.
  • Website, terutama yang menggunakan domain dan hosting sendiri sangat fleksibel. Kita bisa membuat website dengan berbagai fungsi. Seperti toko online, blog, profile, dan sebagainya. Bahkan dalam sebuah website bisa multi fungsi.
  • Website juga bisa meningkatkan nilai diri Anda. Saat Anda memiliki website dengan domain berbayar, desain yang baik, konten yang bermanfaat, dan fungsi yang dibutuhkan, maka ini akan meningkatkan value Anda. Website akan memperkuat brand Anda.
  • Anda bisa menambahkan fitur blog di website, yang bisa memuat artikel edukasi, cerita, dan berita. Selain media komunikasi dengan pelanggan, juga meningkatkan visibilitas di mesin pencari (google). Dengan kata lain bisa mendatangkan pengunjung.
  • Di website, Anda juga menambahkan landing page yang berfungsi sebagai halaman pendaftaran (opt-in) juga halaman penawaran produk dan jasa.
  • Dan berbagai fungsi lainnya yang sayang jika dilewatkan.

Hariz Digital siap membantu Anda menyiapkan website untuk keperluan personal branding Anda. Website profesional dengan domain dan hosting sendiri, bisa ditambahkan berbagai fitur seperti blog, landing page, dan berbagai halaman yang dibutuhkan. Silahkan hubungi kami melalui no WA yang ada di bawah (footer).

Media Sosial

Media social atau social media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, Linkedin, dan sebagainya bisa juga kita manfaatkan untuk eksis di dunia digital. Jika website bersifat statis ibarat rumah Anda, maka media sosial lebih dinamis. Anda bisa memposting konten setiap hari.

Media sosial jelas akan meningkatkan kasadaran target pasar Anda tentang Anda. Halaman media sosial yang menunjukan siapa Anda. Kemudian Anda bisa terus memberikan value melalui konten. Media sosial bisa menjadi panggung (platform) Anda di dunia digital.

Media sosial apa yang perlu kita gunakan? Bisa apa saja. Bisa disesuaikan dengan target pasar Anda. Misalnya untuk target pasar profesional bisa menggunakan Linkedin. Jika target pasar Anda anak muda, bisa menggunakan Tiktok. Silahkan pelajari demografi dan karakter setiap media sosial.

Meski pun, beberapa ahli menyarankan, manfaatkan sebanyak mungkin media sosial yang bisa kita garap. Semakin kita eksis di dunia digital melalui berbagai media sosial, maka akan semakin dikenal nama Anda, siapa Anda, value, manfaat, dan kepribadian Anda.

Buatlah media sosial dengan memunculkan nama Anda. Desain atau dekorasi tampilan media sosial dengan baik seperti foto profil dan cover image. Kemudian konsisten posting konten untuk menaikan value dan kebermanfaatan diri Anda.

Jika Anda tidak punya waktu atau kesulitan untuk setting atau pembuatan media sosial, silahkan hubungi kami. Termasuk membantu Anda mengelola media sosial tersebut.

List atau Database Kontak

List atau database kontak adalah orang-orang yang sudah memiliki ketertarikan besar kepada Anda. Mereka yang siap menerima kabar dari Anda. Mereka yang menantikan konten baru dari Anda.

Dan list atau database adalah strategi yang sangat kuat untuk benar-benar memposisikan diri Anda di benak pasar Anda. Karena Anda bisa menghubunginya secara berkala.

Jadi list atau daftar nama atau database adalah data kontak yang bisa dengan mudah Anda hubungi. Bisa berupa nomor WA atau email. Sederhananya, semua kontak WA dan email Anda adalah list Anda. Hanya saja jika list Anda sudah besar, Anda membutuhkan perangkat untuk mengelola itu semua.

Misalnya Anda akan membutuhkan pengelola email marketing yang bisa secara otomatis membangun database email, dikelompokan, mengirim email otomatis, dan juga bisa mengirim email masal. Semua ini tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gmail saja. Begitu juga, ada perangkat (tool) untuk WA marketing.

Jika Anda tidak punya waktu atau kesulitan untuk setting email dan WA list, silahkan hubungi kami. Termasuk membantu Anda mengelola list tersebut.

Amunisi Personal Branding

Sebenarnya diatas sudah disinggung tentang peran konten. Jika perangkat diatas dianalogikan dengan senjata, maka konten adalah amunisinya. Kita tidak cukup punya senjata jika tidak punya amunisi. Sehebat apa pun sebuah senapan, jika tidak amunisi maka fungsinya tidak akan optimal.

Website perlu diisi dengan konten. Mulai dari konten presentasi atau penjelasan plus konten blog berupa artikel, cerita, berita, dan sebagainya. Apa lagi media sosial, konten akan menjadi penentu sukses atau tidak personal branding Anda.

Anda perlu membuat konten secara konsisten dan setiap konten membawa misi setidaknya memperkuat salah satu dari 4 komponen branding yang dijelaskan diatas (atribut, manfaat, nilai, dan kepribadian). Dan konten juga memiliki fungsi untuk menjangkau target pasar Anda.

Konten itu bisa berupa tulisan, gambar, video, dan juga audio. Tergantung media sosial yang Anda pilih. Sebagian media sosial bisa memposting berbagai jenis konten. Namun sebagian hanya memposting konten tertentu saja. Misalnya Youtube dan Tiktok, fokusnya ke video, text hanya pelengkap.

Perlu bantuan membuat konten? Silahkan hubungi kami.

Cara Menjangkau Target Pasar Anda

Setelah kita memiliki senjata dan amunisinya, langkah selanjutnya adalah menjangkau target pasar Anda. Diatas sempat disinggung, bahwa salah satu fungsi konten adalah untuk menjangkau target pasar Anda. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya ada 2 cara menjangkau target pasar Anda yang dikenal di dunia pemasaran digital. Yaitu cara organik dan iklan.

Cara Organik

Cara organik atau bisa juga dikatakan cara alami. Dimana Anda bisa menjangkau target pasar tanpa iklan. Yaitu dengan membuat dan memposting konten. Harapannya akan menarik target pasar Anda untuk mengkonsumsi konten Anda.

Bagaimana caranya agar konten Anda dikonsumsi oleh target pasar Anda? Pada dasarnya melalui beberapa cara berikut ini:

  • Ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari informasi tertentu. Di dunia digital, kita dengan mudah mencari sesuatu di internet. Bisa menggunakan mesin pencari seperti Google, bisa juga mencari di media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Pinterest dan sebagainya. Maka ketahui apa yang dicari dan buatlah kontennya.
  • Menjangkau orang-orang yang sudah terhubung. Yang sudah terhubung maksudnya seperti follower dan subscriber. Termasuk teman dan member group Facebook. Dan yang terbaik adalah list. Maka raihlah follower, subscriber, teman, member group, dan list sebanyak mungkin.
  • Menjangkau orang-orang yang memiliki ketertarikan. Media sosial memiliki algoritma yang bisa mendeteksi ketertarikan seseorang. Misalnya, Anda suka memasak, kemudian menonton video memasak di Youtube, maka video memasak lainnya akan muncul di Youtube Anda. Ini bisa kita manfaatkan bagaimana caranya agar konten kita bisa muncul di orang-orang yang memiliki ketertarikan tertentu.
  • Menjangkau target pasar karena viral. Jika konten kita dianggap layak atau menarik untuk dishare, maka konten kita bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Maka buatlah konten yang layak dishare sambil membawa misi personal branding Anda.

Jika Anda tidak punya waktu atau kesulitan untuk setting atau pembuatan media sosial, silahkan hubungi kami. Termasuk membantu Anda membuat konten dan mengelola media sosial tersebut.

Menggunakan Iklan

Cara kedua adalah dengan menggunakan iklan. Di dunia digital juga kita mengenal apa yang disebut periklanan atau advertising. Keunggulannya adalah lebih cepat. Namun bukan berarti kita cukup beriklan saja. Disinergikan dengan cara organik akan lebih powerful. Iklan juga bisa memperkuat cara organik.

Ada banyak periklanan yang bisa kita pilih. Pada dasarnya setiap platform punya program periklanan. Kita bisa menggunakan semuanya atau fokus di salah satu platform. Beberapa periklanan yang cukup populer adalah:

  • Facebook Ads. Dengan Facebook Ads Anda bisa menjangkau audiens pengguna Facebook dan Instagram. Mengapa bisa menjangkau pengguna Instagram? Karena Instagram sudah dimiliki Facebook.
  • Tiktok Ads. Tiktok adalah media sosial yang sedang naik daun saat ini. Sayang jika tidak kita optimalkan.
  • Google Ads. Google adalah mesin pencari penguasa pasar. Jika Anda ingin cepat muncul di mesin pencari, maka Anda bisa memanfaatkan Google Ads.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Bingung bagaimana cara beriklan? Atau tidak ada waktu untuk mengelola iklan? Silahkan hubungi kami.

Ringkasan

Kunci keberhasilan dari personal branding sebenarnya ada di strategi, yaitu perumusan empat komponen branding (atribut, nilai, manfaat, dan kepribadian). Maka rumuskan dengan baik. Tugas utama Anda yang mau membangun personal branding ada disini.

Namun tentu, tanpa perangkat dan amunisi serta cara menjangkau pasar, semua diatas bisa percuma. Sehebat apa pun brand Anda, jika tidak ada yang mengenal, itu akan percuma.

Anda tidak perlu repot mengurusi hal-hal teknis, Anda bisa mendelegasikan kepada kami.

Similar Posts