Digital Marketing adalah komponen dari pemasaran yang menggunakan internet dan online berbasis teknologi digital seperti komputer desktop, telepone, dan berbagai media dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan jasa.

Digital marketing is the component of marketing that uses the Internet and online based digital technologies such as desktop computers, mobile phones and other digital media and platforms to promote products and services.

Wikipedia

Pada dasarnya, pemasaran digital itu sama dengan pemasaran pada umumnya. Hanya saja menggunakan media dan platform digital. Jadi pembahasan tentang strategi pemasaran adalah sama dengan pemasaran offline.

Namun, kecanggihan teknologi digital bisa mempengaruhi taktik pemasaran. Berbagai taktik pemasaran digital bisa dilakukan lebih fleksibel dan lebih mudah dengan bantuan platform digital.

Sebagai contoh, dalam pemasaran offline, kita akan kesulitan menawarkan produk kepada orang yang sedang mencari produk di rumahnya. Yang bisa kita lakukan adalah secara random mengirimkan brosur misalnya ke setiap rumah. Dan kita tidak mengetahui apa target pasar tersebut sedang mencari atau tidak.

Berbeda di dunia digital. Dengan menggunakan Google atau mesin pencari lainnya, kita bisa menawarkan produk khusus ke orang yang mencari. Sebagai contoh, saat ada orang yang sedang mencari sepatu, maka website kita (yang menjual sepatu) muncul di hasil pencarian mereka.

apa itu digital marketing

Ciri Khas Digital Marketing

Ada beberapa ciri khas yang kita dapatkan dari digital marketing. Sebagian dari ciri khas ini mungkin ada dalam pemasaran non digital, namun lebih mudah dan lebih murah terjadi di dunia digital.

Mari kita bahas satu persatu.

Lebih Interaktif

Kecanggihan teknologi digital sangat memungkinkan pasar beriteraksi dengan media pemasaran kita. Sebagai contoh, pasar bisa lebih mudah untuk memberikan komentar, menyukai, dan membagikan iklan Facebook kita.

Kemudahan interaksi ini bisa menjadi peluang sekaligus tantangan. Pasar dengan mudah memberikan umpan balik. Baik umpan balik positif maupun negatif. Sehingga kita bisa segera mengambil tindakan dan pelajaran dari umpan balik tersebut.

Peluang lainnya adalah kemungkinan viral yang sangat besar. Dengan taktik tertentu, kita bisa mendesain sebuah kampanye yang memungkinkan materi promosi kita viral. Dibagikan oleh banyak orang dan memungkin dilihat oleh lebih banyak orang.

Aliran Informasi Yang Lebih Cepat, Mudah, dan Murah

Dan dunia pemasaran offline, mungkin kita mengenal cara menyebarkan materi promosi dengan mengirimkan surat penawaran. Dan ini biayanya lumayan besar, selain biaya cetak, juga biaya pengiriman. Selain itu sampainya lama, apalagi lokasinya jauh.

Di dunia digital, itu bisa dilakukan lebih cepat, mudah, dan murah. Misalnya dengan email marketing. Kami hanya membayar Rp 2 per email. Serius, hanya 2 rupiah. Dan pesan promosi bisa sampai ke ribuan orang dalam hitungan menit.

Begitu juga dengan menggunakan Whatsapp atau Telegram, bisa sampai dengan cepat.

Hal ini, sekali lagi memunculkan peluang dan tantangan. Kemudahan, kecepatan, dan murahnya biaya memberikan peluang bagi kita, sekaligus memberikan tantangan sebab pebisnis lain pun sama mendapatkan ketiga hal ini.

Maka tetap, diperlukan strategi yang jitu agar kita bisa memenangkan persaingan.

Informasi Mudah Didapatkan

Maka kita bisa menampilkan informasi produk atau jasa kita dalam dunia digital, supaya lebih mudah ditemukan atau sampai ke hadapan target pasar. Dan bukan hanya tampil, juga menjual.

Sekali lagi, ini memberikan peluang dan tantangan. Peluangnya informasi produk atau jasa kita mudah ditemukan oleh target pasar. Tantangannya, produk atau jasa pesaing pun sama.

Namun tidak ada pilihan lain. Jangan sampai saat pasar mencari produk Anda di internet, hanya produk pesain Anda yang muncul. Anda harus ikut serta ada disana.

Keunggulan Digital Marketing

Apa saja keunggulan digital marketing dan mengapa kita harus mempertimbangkannya?

  • Bisa menghemat biaya pemasaran karena penyebaran informasi mudah dan murah.
  • Bisa menjangkau pasar yang lebih luas, karena dunia digital tidak dibatasi wilayah. Selama ada internet, bisa dijangkau.
  • Bisa membantu meningkatkan penjualan dengan capat. Karena adanya kecepatan informasi.
  • Bisa membangun komunikasi dan menerima feedback dari pelanggan untuk kemajuan bisnis.
  • Bisa mendapatkan data dengan lebih cepat dan akurat dan bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Apa Saja Contoh Digital Marketing?

Cukup banyak. Kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita atau menggunakan strategi omni channel, dimana kita memanfaatkan semua saluran pemasaran.

Diantara contoh digital marketing adalah:

  • Search engine optimization (SEO)
  • Social media marketing
  • Video marketing
  • Email marketing
  • Blogging marketing
  • Affiliate marketing
  • Search engine marketing (SEM)
  • dan sebagainya

Kita bahas secara singat satu-per-satu.

Search Engine Optimization (SEO)

Penjelasan sederhana dari SEO adalah bagaimana kita mengoptimasi konten dan website agar ditemukan di mesin pencari. Juga termasuk bagaimana menempati posisi teratas di mesin pencari.

Mesin pencari adalah sebuah website atau bagian dari website yang memiliki kemampuan mencari konten. Yang paling populer adalah Google. Tentu ada mesin pencari lainnya. Juga media sosial dan youtube juga memiliki mesin pencari.

Gambaran proses SEO adalah kita riset kata apa yang digunakan target pasar kita. Ini disebut kata kunci atau keyword. Kemudian kita membuat konten atau halaman website yang dioptimasi agar relevan dengan kata kunci tersebut. Diharapkan, saat ada orang yang mencari, konten kita akan ditemukan.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah pemasaran yang menggunakan media sosial. Mulai dengan akun-akun pribadi termasuk fasilitas yang memang disediakan untuk bisnis. Di Facebook ada akun pribadi dan halaman untuk bisnis. Di Instagram juga ada akun pribadi dan bisnis. Begitu berbagai media sosial lainnya.

Pemasaran dengan media sosial adalah pemasaran yang memanfaatkan karakter media sosial. Bukan hanya sekedar posting promosi, namun memanfaatkan karakter media sosial. Diantara karakter media sosial adalah berbagi, berinteraksi, mengikuti, dan bekumpul.

Video Marketing

Video marketing, sesuai namanya, adalah pemasaran menggunakan video. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam video marketing yaitu berkaitan penyebaran atau traffic dan juga konten video.

Videonya sendiri sebagai media penyebaran sekaligus memuat konten pemasaran. Apakah itu membangun brand, membangun awarness, membangun kepercayaan, dan penjualan.

Tentunya, video itu adalah media. Dan media akan membutuhkan platform. Selain media sosial, yang biasa dijadikan paltform adalah website-website penerbitan video seperti Youtube dan Tiktok. Akan ada irisan antara video marketing dan social media marketing.

Email Marketing

Seperti namanya, email marketing adalah pemasaran dengan menggunakan email. Ada keunikan di email marketing dibanding pemasaran digital. Hal ini disebabkan karena email adalah akun pribadi, hanya kita sendiri yang bisa melihat inbox kita.

Karena sifat yang pribadi, maka disini ada etika. Hanya mereka yang bersedia menerima email kita yang boleh kita kirimi. Jika kita mengirim email ke sembarang email yang belum dikenal, itu tidak beretika. Di dunia digital marketing tindakan yang mengganggu orang lain di sebut SPAM.

Lalu bagaimana agar tidak SPAM?

  1. Lakukan apa yang disebut dengan list building. Yaitu kita mengumpulkan daftar email dengan sukarela, biasanya melalui form pendaftaran.
  2. Anda hanya boleh (secara etika) mengirim email kepada mereka yang sudah mendaftar.
  3. Orang yang mendaftar (sering disebut subscriber) harus bisa meminta berhenti menerima email.

Keunggulan email marketing, kita bisa membuat banyak list. Misalnya membuat list berupa leads, prospek produk A, prospek produk B, pembeli, pelanggan, dan sebagainya. Sehingga kita bisa mengirim email yang tepat.

Nah tentu, akan sulit jika kita melakukannya secara manual. Saya sendiri menggunakan software pihak ketiga yang memudahkan saya mengelola email. Jika Anda tertarik, bisa klik disini.

Blog Marketing

Apa itu blog? Blog itu awalnya singkatan dari web log. Artinya catatan di website yang tampil secara berututan. Kontennya disebut dengan post atau lengkapnya blog post. Apa yang sedang Anda baca ini, adalah sebuah blog post.

Blog itu pada dasarnya website. Bisa dibuat dengan berbagai engine atau mesin atau software. Misalnya WordPress seperti website ini. Blog bisa menggunakan website berbayar seperti website ini atau yang gratisan seperti blogspot atau wordpress.com.

Konsep pemasarannya sama dengan video marketing. Bedanya menggunakan media tulisan dilengkapi gambar jika perlu. Bisa berupa kombinasi antara SEO dan Content Marketing. Seperti namanya, content marketing adalah pemasaran menggunakan content. Blog marketing dan video marketing adalah cabangnya content marketing.

Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing? Sesuai namanya, affiliate = kerja sama, adalah sistem pemasaran berdasarkan kerja sama. Biasanya sifat kerja samanya terbuka. Siapa saja yang tertarik bisa bergabung menjadi seorang affiliate.

Dalam dunia digital marketing, sangat memungkinkan membuat sebuah sistem afiliasi secara otomatis. Otomatisasi ini biasanya menggunakan website dengan pemograman tertentu. Pemograman ini memungkinkan bisa menelusuri siapa yang menjual produk.

Sederhanya, para pemasar atau affiliate akan mendapatkan sebuah link khusus. Isi dari link ini adalah halaman penjualan. Jika ada orang membeli melalui link afiliasi seseorang, maka akan bisa diketahui siapa yang mereferensikannya.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM juga menggunakan mesin pencari untuk menjalankan pemasaran. Sama dengan SEO. Bedanya, SEM lebih umum yang juga meliputi periklanan di mesin pencari. Jika Anda membidik pasar pengguna Google, maka selain SEO juga bisa menerapkan teknik Google Ads.

Dan masih banyak teknik digital marketing lainnya yang terlalu banyak jika dibahas disini.

Meraih Peluang dan Menghadapi Tantangan Digital Marketing

Kini, dunia digital semakin tidak lepas dari kehidupan kita. Kacanggihan perangkat semakin meningkat. Begitu juga biaya perangkat dan biaya koneksi yang semakin terjangkau. Dunia digital sudah menjadi bagian dari hidup kita.

Maka, mau tidak mau, kita perlu meraih peluang ini. Jangan sampai semua pesaing Anda sudah masuk ke dunia digital, sementara Anda tidak. Jangan sampai, saat target pasar Anda mencari produk di Google, punya Anda tidak ada.

Bahkan, meski pun Anda bisnis offline dimana pembeli datang langsung. Di USA, 90% pembeli melakukan riset terlebih dahulu di internet sebelum mereka membeli produk secara offline. Termasuk saya sendiri, saat mau ngopi, riset dulu tempat ngopi yang terbaik, cek menu, dan cek harga.

Di Indonesia pun, semakin hari akan semakin seperti itu. Ada seorang pemasar online yang memasarkan bahan bangunan secara online. Dan, laris. Padahal, kita bisa saja datang ke toko bahan bangunan yang jaraknya dekat dengan rumah kita. Tapi sebagian orang memilih membuka internet dan mencarinya di Google.

Meski tetap ada tantangan. Masuk ke dunia digital memang ada tantangan. Sementara jika tidak masuk ke dunia digital, tantangannya lebih berat. Mungkin bisnis Anda akan diabaikan dan ditinggalkan. Juga dianggap tidak ada karena tidak muncul di dunia maya.

Lalu bagaimana agar kita bisa meraih peluang dari digital marketing sekaligus bisa menghadapi tantangannya?

Fundamental Pemasaran Yang Kuat

Yang dimaksud fundamental pemasaran adalah strategi. Karena strategilah yang akan menjadikan Anda menang, baik dalam pemasaran offline maupun digital. Tanpa strategi yang jitu, maka Anda akan kalah.

Tidak masalah, banyak pebisnis lain sudah eksis di dunia digital. Jika strategi Anda kuat, maka Anda akan menang. Sebaliknya, jika Anda tidak ikut eksis, bisnis Anda seolah “hilang” dimata target pasar Anda.

Gunakan Taktik Yang Sesuai Strategi

Saat kita bicara SEO, Google Ads, Facebook Ads, Social Media Marketing, Content Marketing, dan sebagainya, itu adalah taktik pemasaran digital. Nah, Anda perlu menerapkan taktik yang sesuai dengan strategi Anda. Bukan hanya mendatangkan traffic, meningkat awareness, namun harus selaras dengan strategi.

Sederhanya, saat pasar Anda melihat materi marketing Anda, mereka akan sadar bahwa produk Anda yang paling tepat bagi mereka. Kemudian mereka tidak akan berpaling ke produk pesaing.

Kualitas dan Kuantitas Traffic Yang Cukup

Salah satu fokus dalam digital marketing adalah traffic. Kadang, dalam pemasaran offline, sebagian pebisnis yang tempatnya strategis tidak memikirkan traffic. Berbeda di pemasaran digital. Traffic harus menjadi fokus, meski pun bukan satu-satunya fokus.

Misalnya Anda membuat website atau landing page. Sebagus apa pun produk Anda, kemudian desain website yang cantik, dan copywriting yang ciamik, maka dijamin tidak akan laku. JIKA tidak ada traffic. Jika tidak ada yang mengunjungi website Anda, siapa yang membeli.

Dan bukan hanya jumlah traffic yang dibutuhkan. Juga kualitas traffic atau bisa dikatakan traffic yang tertarget, yaitu target pasar ideal Anda.

Mendatangkan traffic tertarget haruslah menjadi bagian wajib dalam rencana pemasaran Anda. Taktiknya bisa dipilih seperti yang disebutkan diatas: SEO, Google Ads, Facebook Ads, Social Media Marketing, Content Marketing, dan sebagainya.

Responsif Terhadap Perkembangan

Dua hal penting yang akan menuntut kita lebih responsif yaitu kecepatan informasi dan interaktif. Karena bisa saja dengan cepat ada hal-hal yang mempengaruhi pemasaran kita. Baik itu yang positif dan negatif.

Misalnya brand kita sedang menghadapi sebuah tantangan karena ada isu tertentu, maka kita perlu segera memberikan respon untuk segera mengatasinya. Bahkan, untuk hal kecil seperti komentar negatif, perlu segera kita respon dengan baik sesuai dengan kebijakan Anda.

Sebaliknya, jika kondisi menguntungkan bisnis Anda. Maka, manfaatkan kondisi tersebut segera mungkin untuk keuntungan bisnis Anda. Saat brand Anda sedang naik, maka optimalkan momen tersebut.

Penutup

Semoga artikel ini memberikan pencerahan bagi Anda tentang apa itu digital marketing. Kemudian memahami peluang dan sekaligus tantangannya. Dan kita segera membuat rencana untuk menerapkan digital marketing dalam pemasaran dalam bisnis Anda.

Jika bisnis Anda ingin tetap ekses di zaman yang semakin tergitalisasi, maka manfaatkan peluang ini. Meski ada tantangan, tetapi tantangan mengabaikan dunia digital lebih besar. Dan dengan rencana pemasaran yang solit, kita bisa menghadapi tantangan tersebut dengan baik.

Jika mau diskusi lebih lanjut tentang apa itu digital marketing, silahkan bisa menghubungi saya via WA.

Similar Posts